Minggu, 30 Oktober 2016

Sehat untuk Kamu yang Sibuk


(Sumber : http://www.satuharapan.com/)

Menjaga kesehatan adalah hal yang paling penting, terkhusus untuk kamu si sibuk yang memiliki kegiatan segudang tiap harinya. Tak jarang seseorang melupakan hak tubuhnya untuk sehat dan beristirahat karena padatnya kegiatan yang dimiliki, padahal menjaga tubuh sehat sangatlah penting bagi si sibuk untuk menjalankan kegiatannya dengan baik.

Terkadang karena kesibukannya, waktu 24 jam dianggap tidak cukup untuk si sibuk dalam menjalani harinya, dan karena kesibukan serta padatnya jadwal tersebut membuat si sibuk lupa akan kesehatan tubuh, sampai pada akhirnya penyakit menghampiri, dan penyesalan di akhir menghantui karena jika sakit segala kegiatannya terganggu dan jadwal tak terkendali.

Dapat dilihat jika menjaga kesehatan di tengah kesibukan adalah hal yang sangat penting, pada dasarnya jika kesibukan yang dimiliki adalah kegiatan yang bermanfaat dan juga berguna bagi orang lain, saat si sibuk sakit hal bermanfaat yang ia lakukan pastilah akan terhambat.

Maka dari itu, walau sibuk memiliki tubuh sehat adalah hal yang harus dipikirkan bagi si sibuk, hilangkan rasa malas untuk mencari pola hidup sehat walaupun memiliki kesibukan yang menyita waktu. Tetapi tak jarang si sibuk memiliki berbagai alasan, katanya,

“Olah raga itu capek.”

“Makan buah itu ribet, butuh modal banyak.”

“Gak ada waktu untuk sarapan, jadwalku mulai pagi hari.”

Dan berbagai alasan lain. Intinya si sibuk malas untuk sekedar menjaga kesehatannya, atau malas menyusun pola hidup yang baik. Mencegah lebih baik daripada mengobati karena sebenarnya penyakit itu tidaklah datang hanya untuk si sibuk saja, tetapi tidak menutup kemungkinan jika yang tidak sibuk pun terserang penyakit.

Jika kegiatanmu hanya makan tidur, bangun lalu makan dan tidur lagi tanpa melakukan hal yang dapat membakar zat – zat tidak baik dalam tubuh, maka jangan menolak saat sakit menyerang, begitu juga untuk si sibuk, jika setiap harinya dipadatkan dengan segudang kegiatan tetapi tidak mau oleh raga atau makan dengan baik, tidak ada hal yang dapat menghalagi sakit menodai kesibukannya.

Sudah jelas bukan, kesehatan adalah hal utama yang harus dijaga oleh setiap orang. Mencari cara untuk tetap sehat adalah kewajiban bagi si sibuk, memilih hal kecil yang dapat dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan seperti menyusun pola hidup sehat dengan cara yang mudah dan dapat menyelamatkan kesibukan kita dari gangguan penyakit. Seperti hal – hal kecil di bawah ini.

1. Minum Air Mineral
(Sumber : http://ilmu-mania.blogspot.co.id)

Jangan sampai kita melupakan hal ini karena 60% - 70% tubuh kita terdiri dari air. Jadi, minumlah air mineral secukup mungkin, terlebih di saat bagun dan sebelum tidur. Para ahli mengatakan, minum air saat bangun dan sebelum tidur adalah hal baik bagi tubuh kita, efeknya tubuh kita terhindar dari penyakit dan dapat merawat kulit agar tetap sehat. Si sibuk harus melakukan ini.

2. Sarapan
(Sumber : http://family.fimela.com/)

Tak jarang karena kesibukannya, sarapan adalah hal yang paling sering ditinggalkan si sibuk, padahal dengan sarapan si sibuk mendapatkan energi yang baik untuk menjalankan segala aktifitasnya. Sarapan juga dapat membantu menjaga kestabilan mood si sibuk karena tak jarang jika sedang lapar seseorang akan lebih sensitif dan dapat mengubah suasana di sekitarnya.

3.      Olah Raga Ringan
(Sumber : http://www.bybconversations.com/)

Tidak perlu yang berat – berat, harus maraton setiap pagi atau membawa barbell kemanapun, cukup dengan lari pagi ringan sebelum berangkat beraktifitas atau melakukan senam – senam ringan di pagi hari. Olah raga ringan dapat menambah semangatmu, dan juga menjaga tubuhmu menjadi ideal. Si sibuk butuh terlihat menarik juga kan?

4.      Makan Siang
(Sumber : http://www.creativecoordinating.com/)

Yang satu ini jangan sampai terlewatkan, jadwal yang padat terkadang menjadikan waktu makan siang dilaksanakan di sore hari, dari waktu saja sudah tidak benar. Makan siang adalah hal yang paling penting, jangan sampai telat dan pilihlah menu yang tepat, hindari memilih menu asal kenyang karena setelah jam makan siang si sibuk memiliki jadwal lagi, jadi harus isi energi dengan baik.

5.      Tenang
(Sumber : networkingtimes.com)

Di saat kesibukan menghantui sampai terasa tidak ada habisnya maka tenangkanlah dirimu, hindari memaksakan tubuh terlalu berlebihan karena tubuhmu juga memiliki hak untuk istirahat. Jika sudah merasa tubuh tertekan maka ambil waktu sejenak untuk mengendurkan tekanan, duduk dengan tenang dan bayangkan hal – hal menyenangkan. Hal kecil ini sangat penting untuk menghindari gejala – gejala frustasi berlebihan dan sakitnya tubuh karena lelah beraktifitas.

6.      Tersenyum
(Sumber : @retnohening)

Hal paling kecil dan sangat mudah. Si sibuk harus sering tersenyum, walau padatnya kegiatan, carut – marutnya suasana, tersenyum adalah hal paling ampuh untuk menghilangkan emosi yang berlebihan. Di saat tersenyum secara tidak sadar dapat mengubah suasana hati dan suasana di sekitarmu, manfaat lainnya adalah wajahmu akan terlihat lebih awet muda dan emosimu dapat dikendalikan tanpa menimbulkan perselisihan. Hal kecil yang memiliki dampak sangat besar bagi tubuhmu.


Itulah 6 (enam) hal kecil yang dapat mengubah pola hidupmu menjadi pola hidup yang baik dan sehat, kesibukan bukan alasan untuk tidak menjaga kesehatan karena jika kegiatanmu adalah suatu hal bermanfaat, akan hilang kebermanfaatan lainnya apabila tubuhmu tidak sehat. Hal baik akan terlahir dari jasmani dan rohani yang sehat, maka dari itu sehat itu penting, walau sibuk memiliki tubuh sehat menjadi hal wajib, lakukan hal kecil yang dapat mengubah pola hidup, agar kebermanfaatan akan terus lahir dari setiap waktu yang kita miliki.

==============================================================
Semoga bermanfaat ^^
Abitri N. Hermanto
Mahasiswa Jurnalistik, Teknik Grafika Penerbitan
Politeknik Negeri Jakarta
Penerima Beastudi Yayasan Indonsia Tangguh

113 komentar:

  1. Sesibuk-sibuknya orang sibuk masa gak punya waktu luang sih... Yang penting sih atur pola makan sesuaikan dengan rutinitas, olahraga ringan tiap hari, dan selalu berpikir positif πŸ‘Œ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makanya saya berfikir untuk mempost tulisan ini, agar lebih mengingatkan buat si sibuk. Terima kasih sudah mengunjungin blog mas Satria :)

      Hapus
  2. Setuju sama artikel ini, pola tidur yang teratur dan cukup juga menjadi kunci utama bagi kesehatan karena jika tidur kurang kesehatan pun menurun. Sesibuk-sibuknya individu pasti bisa membagi jadwal untuk hidup sehat.Ditunggu artikel selanjutnya ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mba Vitka, menjaga pola tidur juga penting benar sekali ... Terima kasih sudang mengunjungiiii :)

      Hapus
  3. Nice info Abit^^ walaupun sibuk harus tetap menyempatkan olahraga kecil agar tubuh kita seimbang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasihh Nida, betulll nid olah raga penting bgt nihhh hheheeh
      Makasih ya sudah mengunjungi :)

      Hapus
  4. sesibuk2nya kita tetep harus jaga kesehatan ya, karena kesehatan itu mahal harganya. Terima kasih abit, untuk artikelnya, sangat bermanfaat ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuhl, lebih baik mencegah daripada mengobati. Terima kasih kembali untuk kunjungan blognya :)

      Hapus
  5. Benar sekali walaupun sibuk kita jangan sampai lupa untuk minum air putih, makan teratur, dan olahraga. Terima kasih infonya abit sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul, itu komponen2 pentingnya ..
      Terima kasih kembali sudah berkunjung :)

      Hapus
  6. Mantap sangat bermanfaat artikelnya nai info nais info ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nais juga, terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  7. Mantap sangat bermanfaat artikelnya nai info nais info ^^

    BalasHapus
  8. Artikel yang bermanfaat, sesibuk apapun intinya harus makan. Hehe
    Ditunggu tulisan berikutnya! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jangan lupa makan syintia :) tetap sehat itu penting. Terima kasih kunjungannya

      Hapus
  9. Mantap....
    Sibuk bukan berarti bisa dijadikan alasan untuk mengabaikan kesehatan
    Semangat hidup sehat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat terus untuk sehat, terima kasih kunjungannya :)

      Hapus
  10. Mantap....
    Sibuk bukan berarti bisa dijadikan alasan untuk mengabaikan kesehatan
    Semangat hidup sehat...

    BalasHapus
  11. reminder bgt nih buat yang suka sibuk. Kadang emang suka lupa sama diri sendiri klo udh sibuk,makasih infonya, bermanfaat bgt

    harus segera di terapin nihπŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampai lupa lagi ya mba dian :) Terima kasih kembali

      Hapus
  12. Informasi yang sangat bermanfaat. Semangat hidup sehat ^_^)//

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat terus untuk sehat ya :)
      Terima kasih kunjungannya

      Hapus
  13. Wah berfanfaat banget artikelnya

    BalasHapus
  14. Sibuk bukan alasan untuk menjadi tidak sehat. Nice artikel!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, betul sekali. Sibuk dengan agenda yang padat bukan alasan untuk tetap sehat ya Mas Fikri. Terima kasih kunjungnya :)

      Hapus
  15. yg memiliki andil paling besar ialah fikiran, atau ketenangan yg seperti ditulis diatas..
    nice share

    BalasHapus
  16. yg memiliki andil paling besar ialah fikiran, atau ketenangan yg seperti ditulis diatas..
    nice share

    BalasHapus
  17. Kegiatan yang sebenarnya mudah dilakukan bermanfaat besar tetapi kita sering mengabaikannya.

    Ditunggu artikel berikutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, jangan samapi diabaikan lagi ya :)

      Hapus
  18. Setuju banget sama tulisan Anda, terima kasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama, terima kasih kembali :)

      Hapus
  19. Wah mantap betul infonya, baru baca doang aja langsung sehat nih kayanya, langsung terasa manfaatnya, trimakasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus dong jika langsung terasa manfaatnya ... terima kasih kembali ya

      Hapus
  20. Wah mantap betul infonya, baru baca doang aja langsung sehat nih kayanya, langsung terasa manfaatnya, trimakasih mba

    BalasHapus
  21. terimakasih infonya, sebagai pengingat dikala kita disibukan dengan banyak hal. dan yang paling utama, tetap selalu bersyukur masih diberikan kenikmatan hidup oleh Sang Pencipta.
    Btw, foto yang minum air mineral itu apakah mengajarkan kita untuk menggunakan tangan kiri? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, betul ..
      wah terima kasih sudah diganti kok gambarnya ...

      Hapus
  22. Nice article, setuju sama isinya
    Semua kebutuhan pasti ada cara pemenuhannya, ini trik yang bagus, kalau masih ga bisa juga, mungkin itu mah ga mau atau ga prioritas kali, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betul, harus prioritaskan tubuh sehat .... terima kasih atas kunjungannya :)

      Hapus
  23. Kalo bahasa gaulnya kita kudu tawazun (seimbang) dalam kehidupan kita. Manusia punya 3 potensi dalam dirinya, jasmani, rohani, dan akal. Bentuk habits positif dalam hidup kalian..
    Nice artikel untuk mengajak tawazun dalam hidup!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, seimbang memang penting ..
      terima kasih sudah berkunjung ~

      Hapus
  24. Kalo bahasa gaulnya kita kudu tawazun (seimbang) dalam kehidupan kita. Manusia punya 3 potensi dalam dirinya, jasmani, rohani, dan akal. Bentuk habits positif dalam hidup kalian..
    Nice artikel untuk mengajak tawazun dalam hidup!!

    BalasHapus
  25. Keren tulisannya. Baru tau juga tersenyum penting juga untuk kesehatan hehe.
    good.

    BalasHapus
  26. Artikel yang ketjeh, Allah pun menyukai orang² yang kuat, kuat jasmani dan rohani. dan cara untuk menjadi kuat jasmani adalah dengan menjaga kesehatan.

    Nice artikel sobat, tetap jaga semangat membaramu dan tetaplah memberi warna dalam kehidupanmu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya jaga juga kesehatanmu kawan, agar semangatmu tetap membawa sampai akhi (y)

      Hapus
  27. Sangat bermanfaat tulisannya ka. Terimakasih yaa infonya. Keren. Reminder untuk para aktivis kampus nih πŸ‘πŸ˜„

    BalasHapus
  28. Wah pantesan sering ga fit, sarapannya sering dirapel sama makan siang :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa jadi pengingat yah :)
      jagan samapi gak sarapan lagi~

      Hapus
  29. Sangat bermanfaat tulisannya ka. Terimakasih yaa infonya. Keren. Reminder untuk para aktivis kampus nih πŸ‘πŸ˜„

    BalasHapus
  30. Penting abnget nih buat yg sibuk tp susah jaga kesehatan, terutama kita pejuang tingkat akhir yang sibuk mengatur jadwal dan susah jaga kesehatan ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semoga kamu bukan orang yang susah jaga kesehatan yah ...
      keep healthy :)

      Hapus
  31. Mantaaapppp.. Biar sibuk tetap menjaga pola hidup sehat.. Makasih Abiittt infonya.. Bermanfaat :)

    BalasHapus
  32. Mantaaapppp.. Biar sibuk tetap menjaga pola hidup sehat.. Makasih Abiittt infonya.. Bermanfaat :)

    BalasHapus
  33. Nice info sobat. Bener banget, sesibuk-sibuknya jangan sampe bikin kita tumbang cuma gara2 lupa ngelakuin hal di atas. Terimakasih infonya (y)

    BalasHapus
  34. Terimakasih infonya, semoga sesibuk apapun kita tetep bisa menjaga pola hidup sehat. SEMANGAT

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Nice article. Tetap tenang & tersenyum~ :D

    BalasHapus
  37. Setuju nih sama artikel ini, Kak Abit! :D Karena tanpa kesehatan, kesibukan gak akan bisa kita jalani hehe.
    Oh iya, selain dengan air putih, kita juga bisa minum vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap oke hihi

    BalasHapus
  38. Jangan lupa minum air putih ! ^0^

    BalasHapus
  39. Jangan lupa minum air putih ! ^0^

    BalasHapus
  40. Olahraga yang sederhana seperti jalan kaki atau naik turun tangga bisa menjadi alternatif. Yang jelas istirahat yang cukup juga menjadi penting.

    BalasHapus
  41. Keren kaka postingannya. . Jdi terharu. .

    Tpi kalo lagi saum gmna kak? Berarti olahraga ringan dan senyum ajah ya dari pagi hingga maghrib. . ���� Nice info. .

    BalasHapus
  42. Bener banget tipsnya memang patut di coba biar gak gampang sakit πŸ‘

    BalasHapus
  43. Besok mau coba lari ah πŸ’ͺ🏼 Bismillah. Sehat terus

    BalasHapus
  44. Wah tips bermanfaaat, boleh nih di coba hehehe

    BalasHapus
  45. Pengingat banget, makasih abiit����

    BalasHapus
  46. Sayangnya poin 1-5 keseringan ga dilaksanakan, paling nomer 6 hoho, gimana dong? Wkwk

    BalasHapus
  47. Wahhh.. setuju bangettt sama artikelnya.. makasih yahh masukannya :D
    Jadi pgn ketemu sama yang nulis.. hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, jadi pengen ketemu penulisnya :D

      Hapus
  48. Good πŸ‘πŸ»
    Makasih buat info yang bermanfaat nya 😊

    BalasHapus
  49. Setuju ! Sesibuk apapun tetap harus punya porsi waktu untuk tubuh. Terimakasih, artikel ini bermanfaat sekali 😊

    BalasHapus
  50. Wah makasih ya kak, bermanfaat banget! :D

    BalasHapus
  51. Wah bener bangetnih, kadangkala yang sibuk kurang memperhatikan kesehatannya. Makasih atas artikelnya yang menjadikan pengingat:)

    BalasHapus
  52. Wah, jadi berpikir untuk terus rajin olahraga nih. Nice info sobat:)

    BalasHapus
  53. Rutinitas kesibukan seperti si penulis ya cocok banget tips nya. Jadi ga bisa dianggap sepele ya masalah kesehatan. Thank you for sharing

    BalasHapus
  54. Adalah hal utama utk selalu menjaga kesehatan, sesibuk apa pun kondisi kita. Tau sendiri skrg biaya rumah sakit aja mahalnyaaaa minta ampun. Ditunggu tulisan selanjutnya!

    BalasHapus
  55. karena sehat meupakan sesuatu yang mahal jadi kita harus menjaganya agar tidak tekor. kesehatan juga merupakan modal utama kita dalam melakukan kegiatan kita yg super sibuk.

    nice article.

    BalasHapus
  56. Bermanfaat banget nih ka 😊

    BalasHapus
  57. Nice info~ bagus bgt buat orang sibuk yang suka ngeremehin hal2 kecil yg padahal penting bgt buat kesehatan

    BalasHapus
  58. mantap.......
    sesibuk-sibuknya kegiatan, kesehatan harus diperhatikan

    BalasHapus
  59. Nice info ka abit! Makasih uda di ingetin hal hal yg spt inii. Waaaaah... harus dicoba nih!

    BalasHapus
  60. Waahh benar saya terlupa tuk olahraga,,, terimakasih abit, karena artikel ini telah mengingatkan saya akan pentingnya menjaga hidup sehat *ting

    BalasHapus
  61. Setujuuu, sesibuk-sibuknya kita harus tetap jaga kesehatan

    BalasHapus
  62. nice artikel. sibuk memang bukan alasan untuk tidak menjaga kesehatan :)

    BalasHapus
  63. Nice post abit,boleh dikatakan bahwa kesibukan yg diimbangi dgn terjaganya kesehatan akan meningkatkan produktifitas

    BalasHapus
  64. wah.. pengingat jg nih. makasih yaa^^

    BalasHapus
  65. Hal hal kecil dan simple tapi memberi dampak yg cukup besar buat kesehatan πŸ˜„ keep healthy and happy!

    BalasHapus
  66. Nah iya, poin no.1 yg penting... apalagi kalo sering begadang demi deadline wkwk. Tapi harus seimbang juga semua poin2 itu. Terimakasih infonya yg bermanfaat

    BalasHapus
  67. Nah iya, poin no.1 yg penting... apalagi kalo sering begadang demi deadline wkwk. Tapi harus seimbang juga semua poin2 itu. Terimakasih infonya yg bermanfaat

    BalasHapus
  68. Tulisan ini benar-benar menjadi pengingat bagi saya. Sering kali dengan kesibukan yang begitu padat membuat orang melupakan makan teratur dan minum air putih yang banyak. Padahal saya sangat merasakan bahwa dengan makan teratur dan banyak minum air putih membuat sistem imun kita stabil dan tidak mudah sakit. Bermanfaat sekali tulisannya

    BalasHapus
  69. Informasinya berbobot buat saya. Terima kasih sis.

    BalasHapus
  70. Poin nomer 5 dan 6 itu sangat dilakukan walau hanya sepele.
    Dari poin yang lain nomer 5 dan 6 yang penting menurut saya. Karena si sibuk akan senang dengan ketenangan jiwa dan raga.

    BalasHapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  72. Sangat bermanfaat!! Memang kesehatan harus terus dijaga apa lagi dengan rutinitas kerja yang sangat tinggi.

    BalasHapus
  73. NiceπŸ‘ info yg bermanfaat bgt,menumbuhkan kesadaran buat selalu jaga kesehatan..

    BalasHapus
  74. Wah makasih banyak y atas ilmunya, kak. Emang tuh buat mulainya aja yg susah tp kalo udah enak malah ketagihan hehehe

    BalasHapus
  75. Senyum hal kecil yang menyehatkan, tapi kebanyakan orang masih kurang memperhatikan hal itu, sehingga wajah yang muram pun akan memperlihatkan isi dari diri seseorang tsb yang sedang tidak sehat. Intinya betul sekali senyuman bisa membuat sehat.
    Mantap untuk aktivis kampus nih biar bisa tetap fit.

    BalasHapus
  76. Dzikir dan bersyukur biar tenang, hehe

    BalasHapus
  77. tuh bit jangan lupa makan, jangan lupa senyum wkwkkw

    BalasHapus
  78. bagus banget artikelnya. sesibuk apapun kita harus senantiasa sehat! :) terima kasih sudah mengingatkakn.

    BalasHapus