Sejak dahulu informasi menjadi hal yang paling dicari,
menjadi kebutuhan utama setiap elemen masyarakat. Mencari informasi adalah hal
yang paling dibutuhkan oleh setiap manusia, karena pada dasarnya informasi
menjadi hal yang paling dicari dan selalu menjadi bahan mencerdaskan. Maka dri
itu informasi merupakan hal terpenting untuk setiap manusia dalam pengembangan
dirinya.
Menurut Raymond Mc.leod Informasi
adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si
penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau
mendatang. Ini membuktikan bahwa informasi menjadi salah satu hal penting
seorang manusia dalam bersosialisasi. Adapun Abdul Kadir (2002: 31); McFadden (1999)
mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa
sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut. Meningkatkan
pengetahuan adalah suatu fokus utama seorang manusia dalam memantaskan dirinya
dalam berbagai posisi, dan informasi lagi – lagi menjadi salah satu hal yang
menjadi spilar utama.
Dalam penyebarannya, tentu sebuah informasi memiliki
media agar informasi tersebut dapat tersampaikan kepada khalayak, baik secara
langsung maupun tidak langsung. Melalui proses komunikasi antar manusia atau
melalui media lainnya kini menjadi suatu kegiatan utama bagi seluruh manusi adi
muka bumi ini, karena komunikasi adalah bentuk kegiatan utama manusia hidup di
dunia.
Kamus Webster’s New Collegiate (1977) menyatakan
komunikasi adalah suatu
proses pertukaran informasi antara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda,
dan juga tingkah laku.
Dalam hal ini media pastilah menjadi pokok utama dalam proses pertukaran
tersebut.
Sejak
dahulu media selalu menjadi fokus utama proses pertukaran informasi, maka dari
itu banyak sekali media – media unggulan di Indonesia yang memiliki citra, atau
ciri khas masing – masing perusahaan, ada media yang begitu terlihat
pemilikannya dan ada juga media yang terlihat menamakan dirinya sebagai media
tidak memihak atau independen.
Jika
terpikirkan memiliki sebuah perusahaan media, tentunya media yang jujur,
memiliki citra baik, ciri khas tersendiri dan pastinya independenlah yang ingin
dimiliki. berkaca dengan media – media masa kini yang terlalu terlihat siapa
pemiliknya dan datang dengan maksud tujuan apa dalam pengembangan perushaan
medi tersebut.
Memiliki sebuah perusahaan media yang bergerak dalam
hati nurani masyarakat, atau dengan kata lain tidak lagi membahas permasalahan yang seolah
teelarut tiada ujungnya, menjadi media yang fokus dengan kejujuran untuk
meninggikan hati para penikmat agar tidak terjerembab dalam kebohongan atau
kepalsuan dunia. Sebuah media yang hidup dalam lingkaran fakta yang benar
adanya.
Memang jika kita pikirkan memiliki media seperti itu
adalah hal yang mudah saja dilakukan, walau kita tahu pada kenyataannya mungkin
media lainmemiliki keinginan menjadi media sempurna seperti dikatakan di atas,
tetapi apalah daya dan eksistensi yang selalu diinginkan bagi seluruh pemilik
perushaan media yang menjadikan tidak layaknya informasi – informasi yang
disajikan pada publik, dan membuat pemahaman – pemaham fakta baru bertumpah
ruah dalam masyarakat.
Maka dari itu, keinginan memiliki perushaan media
yang tidak meninggikan eksistensi tetapi memang benar adanya sebuah media
harus dapat mencerdaskan manusia, dan menjadikan sebuah informasi tersebut
sebagai kebutuhan yang bukan lagi dicari – cari secara sulit kebenarannya,
tetapi informasi yang lahir dalam media yang sudah dipercaya tanpa adanya
keraguan. Bukan lagi media yang mengejar eksistensi belaka.
Media Jujur bukan Tidak Mungkin
- 22 September 2016-
Abitri
Media massa juga mengejar eksistensinya, dimana media yang paling tepat dan cermat dalam menyampaikan sebuah informasi maupun berita. Tinggal bagaimana kita sebagai konsumen, dalam hal ini pembaca atau pendengar dan sebagainya, memilah dan memilih mana informasi yang pantas, benar?
BalasHapusEksistensi memang diperlukan dalam menunjang visi sebuah media. Namun, bagaimana media tersebut bisa tetap menyajikan informasi yang sesuai fakta juga berimbang, merupakan hal yang perlu selalu diingat semua pihak yang terlibat.
BalasHapus